PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FENOMENA DIDAKTIS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Wiwit Damayanti Lestari, Lusi Siti Aisah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika berbasis fenomena didaktis dengan yang mendapat pembelajaran matematika dengan bahan ajar buku kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik. Metode penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindang Kabupaten Indramayu. Instrumen yang digunakan terdiri dari seperangkat soal tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika berbasis fenomena didaktis melalui pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan bahan ajar buku kurikulum 2013

Kata Kunci: Fenomena Didaktis, Pendekatan Saintifik, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Full Text:

Untitled

References


Aisah, L.S. (2015) Pembelajaran Matematika Berbasis Fenomena Didaktis untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Esteem Siswa SMP. Tesis. SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Balitbang. (2011). Survei Internasional TIMSS. [online]. Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss [10 Juli 2018]

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pedekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. [online]. Tersedia: http://psg15.um.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/IMPEMENTASI-KURIKULUM-2013-FINAL. pdf [12 Agustus 2017]

Lestari, W. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Habits of Managing Impulsivity Siswa SMP melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek. Tesis. SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika: Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang, dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 1656 times
Untitled - 41 times