PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-JUNAIDIYAH BIRU KABUPATEN BONE

Sugian Nurwijaya

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan ujicoba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan geogebra pada siswa kelas VIII MTs Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone yang meliputi buku siswa, lembar kegiatan siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC MTs Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran (skala kecil). Perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan geogebra yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dihasilkan telah bersifat praktis dan efektif. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) aktivitas guru dapat membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar terpenuhi; (2) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (3) perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berbantuan geogebra menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran; (4) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 78,40 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,89. Dimana 19 dari 22 siswa atau 86,36% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.
Kata Kunci: Pengembangan perangkat, pembelajaran matematika, pendekatan scientific, geogebra

Full Text:

Untitled

References


Darwis, Muhammad. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emisonal. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.

Fazar, Ibnu. 2015. Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA). 16 Mei 2015, Palembang. Hal.31-37.

Hohenwarter, M., et al. 2004. Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. www.geogebra.org/ publications/pecs_2004.pdf. Diakses tanggal 7 April 2017.

Kemdikbud.2012. Pengembangan Kurikulum 2013. -: Jakarta

Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Implementasi Kurikulum, Permendikbud no 81A tahun 2013.

Proklamanto, A. R. dan M.Andy Rudhito. 2013. Efektivitas Pemanfaatan Program Geogebra pada Pembelajaran Matematika dalam Upaya Membantu Pemahaman Materi Turunan. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga. 15

Juni 2013, Vol.4 No.1 Hal. 217 – 226 ISSN: 2087-0922.

Putrawan A. G, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Tahun 2014

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.

Uno,H. B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 2329 times
Untitled - 16 times