DESKRIPSI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SULI

Masrita Gani, Suradi Tahmir, Asdar Asdar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika open-ended ditinjau gaya kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes GEFT, (2) tes pemecahan masalah open-ended, (3) dan wawancara. Subjek Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal open-ended bangun ruang sisi lengkung yang memiliki banyak jawaban/solusi: (a) lambat memahami masalah yang diberikan; (b) memikirkan rencana yang akan dilakukan meskipun hanya menebak-nebak saja; (c) menyelesaikan masalah open-ended tetapi tidak menemukan semua jawaban yang benar; (d) tidak mampu menunjukkan cara memeriksa kebenaran jawabannya dengan benar pula. Subjek Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal open-ended bangun ruang sisi lengkung yang memiliki banyak cara penyelesaian: (a) memahami permasalahan dan mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan; (b) dapat merencanakan penyelesaian masalah meskipun perencanaannya kurang baik; (c) tidak mampu menyelesaikan masalah; (d) tidak mampu menunjukkan cara memeriksa kebenaran jawabannya. Subjek Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal open-ended bangun ruang sisi lengkung yang memiliki banyak jawaban/solusi: (a) memahami permasalahan dan mampu mengungkapkan konsep yang diketahui dengan baik ditandai dengan menunjukkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; (b) merencanakan dengan baik langkah yang akan ditempuh dalam menyelesaikan soal open-ended; (c) menyelesaikan masalah open-ended banyak jawaban materi dengan menemukan semua enam jawaban yang benar; (d) menunjukkan cara memeriksa kebenaran jawabannya dengan benar disertai analisa matematis yang baik. Subjek Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal open-ended bangun ruang sisi lengkung yang memiliki banyak cara penyelesaian: (a) memahami permasalahan dan mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan di soal open-ended; (b) merencanakan penyelesaian masalah open-ended dengan analisis yang baik; (c) menyelesaikan masalah open-ended banyak cara penyelesaian materi
BRSL dengan dua cara yaitu cara pertama menghitung masing-masing volume belahan bola dengan rumus 2/3×πr^3 dan volume kerucut dengan rumus 1/3×πr^2 t lalu hasil volume belahan bola dikurangi dengan hasil volume kerucut dan cara yang kedua yaitu menyamakan r = t agar muncul persamaan baru kemudian disubtitusikan r = 7 cm ke persamaan baru 1/3×πr^3; (d) mampu menunjukkan cara memeriksa kebenaran jawabannya dengan menyamakan hasil cara pertama dan cara kedua.
Kata Kunci: Open-ended, Gaya Kognitif, Field Dependent, Feld Independent

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Masrita Gani, Suradi Tahmir, Asdar Asdar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.