DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA SISWA SMKN 1 SULI

Musdariah Tadda, Arif Tiro, Djadir Djadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah Open-ended di SMKN 1 Suli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII dari 4 jurusan (ADP, TKR, TKJ, dan GBN) yang berjumlah 30 orang, dengan menggunakan metode proporsional sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis dalam bentuk soal-soal uraian (essay) sebanyak 2 soal. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data secara dekriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah open-ended adalah 4,17 dari skor ideal 16 serta hasil rata-rata persentasenya adalah 25% berada pada kategori tidak kreatif artinya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kreatif matematis dalam memecahkan masalah open-ended.
Kata kunci: Kreatif Matematis dan Permasalahan Open-ended

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Costa A.L. 2001.Developing inds a resource book for teaching thinking.3rd edition.Association for supervision and curriculum development Alexandria.Virginia USA.

Dentes, Nyoman. 2012. Metode penelitian. Yogyakarta: Andi.

Dwiyani Sandi, Mei. 2015. Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gender siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Baubau, Sulawesi Tenggara. Tesis Universitas HALU OLEO.

Ennis, R, H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Firdaus. 2016. Pembelajaran dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 1 Woja Dompu. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hancock, C.L., Berenson.1995. enhancing mathematics learning with open-ended question.

Hartono. 2009. Perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan aplikasi matematika siswa pada pembelajaran open-ended dengan konvensional di sekolah menengah pertama. Disertasi. SPs. UPI. Tidak Dipublikasikan.

Holmes, Emma, E. 1995. New directions in elementary school mathematics interactive teaching and learning. New Yersey: A simon and Schuster company.

Hudojo, H. 1998. Pembelajaran matematika menurut pandangan kontruktivistik. Prosidding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang 4 Maret: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Ismaimuza, Dasa. 2010. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak dipublikasi.

Mann, E. L. 2005. Mathematical creativity and school mathematics. Indicators of mathematical creativity middle school students. Universitas of Connecticut.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen. MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, S. C. Utami. 1999. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Gramedia: Jakarta.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Authur.

Sabri, M. A. 1993. Pengantar psikologi umum dan perkembangan. Jakarta: pedoman ilmu jaya. (Online), Tersedia di: http://mridwanyudhanegara.blogspot.com/2012/03/Tesis-Proses-Berpikir-Matematis.html. Diakses tanggal 28 Agustus 2017.

Sawada, T.1997. Developing lesson plans. In Shimada, S.dan Becker, J.P.(ed). The open ended approach. A new Journal for teaching mathematics.

Silver, E.A, 1997.Fortering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and thinking in problem possing. (Online), http://www.fiz.karisruhe.de/fiz/publication/zdm Volume 29 (June 1997) Numbered 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Diakses tanggal 28 Agustus 2017.

Siswono, Y. E. T. 2004. Identifikasi proses berpikir kreatif dalam pengajuan asalah (problem possing) matematika. Berpandu dengan model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Jurnal Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Skemp, R. 1987. The psychology of learning mathematics. Expanded American Edition. Laurence Elbaum Assosiates, publishers: New Jersey.

Sternbeg,R., S. Kaufman. 2007. Teaching for succesfull intelegence. Mengajarkan kecerdasan sukses, meningkatkan pembelajaran dan keberhasilan siswa. Penerjemah: mardiatmoko. G. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Suherman, Erman. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan disposisi matematis: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Artikel FPMIPA UPI.

Tall, D. 1991. Advanced mathematical thingking. Mathematical education library kluwer academic publishers. (Online), http://digilib.unila.ac.id/11987/16/BAB 2pdf/Jurnal-Cara-Memajukan-Berpikir-Kreatif-Matematis.khy. Diakses tanggal 30 Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Musdariah Tadda, Arif Tiro, Djadir Djadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.