EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA PADA MAHASISWA SEMESTER III UNCP

Andi Indra Sulestry, M. Rusli B

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari: (1) aktivitas mahasiswa, (2) Motivasi mahasiswa, dan (3) Hasil belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III prodi pendidikan matematika dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang dipilih menggunakan teknik simple cluster random. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, Angket motivasi mahasiswa, LK. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar mahasiswa, data aktivitas mahasiswa dan motivasi mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran. Data aktivitas mahasiswa dan motivasi mahasiswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar mahasiswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS

Full Text:

Untitled

References


Akhmad Sudrajat. 2013. Pendekatan – Scientifik – Ilmiah – Dalam Pembelajaran. Jakarta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nurhadiansyah, 2013. Efektivitas Pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Kahu. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Idi, Abdullah. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta Utara: PT Raja Grapindo Persada.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Rapiuddin, 2016. Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe TSTS pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 2 Pangkajenne. Tesis. Makassar: Universitas Negeri makassar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencan Prenada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 2273 times
Untitled - 43 times