DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMP NEGERI 4 LAMASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Shindy Ekawati

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan kemampuan koneksi matematika siswa pada masalah pythagoras untuk siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Lamasi. Subjek Penelitian yaitu siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan koneksi matematika, angket gaya kognitif, dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu (1) kemampuan koneksi matematis teorema pythagoras subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent hanya memenuhi 2 indikator yaitu (a) aspek koneksi dengan ilmu lain dan (b) aspek koneksi dengan dunia nyata siswa atau koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Indikator yang belum dapat SFD lakukan adalah aspek koneksi antar topik matematika. (2) Kemampuan koneksi matematis teorema pythagoras subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dapat memenuhi ke tiga indikator dari kemampuan koneksi yaitu (a) aspek koneksi antar topik matematika, (b) aspek koneksi dengan ilmu lain dan (c) aspek koneksi dengan dunia nyata siswa atau koneksi dengan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Koneksi Matematis, Gaya Kognitif

Full Text:

Untitled

References


Abdulrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahar. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta :Airlangga

Hudoyo, H. 1990. Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Jakarta : Depdikbud.

Herdian. 2010, Model Pembelajaran Mind Mapping, http://herdy07.wordpr ess.com/2010/05/27/ kemampuan-koneksi-matematik-siswa/ (diakses tanggal 21 November 2011).

Ikram, Muhammad. 2013. Ekporasi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Di Tinjau Dari Kemampuan Berfikir Logis pada Siswa Kelas XII- IPA tesis tidak di terbitkan. Makassar. Universitas negeri makassar.

Ilyas. 2006. Sejarah Matematika. Modul Palopo: FKIP-UNCP

Megasari. 2016. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Untuk MateriLingkaran Pada Kelas IX A SMP Negeri 1 Lamasi. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP UNCP. Palopo.

Monika Jenni. 2014. Analisis Deskriptif Hasil Blajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lamasi Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent-Field Dependent. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP UNCP. Palopo.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Virginia: the NCTM Inc

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Russefendi. 1998. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Reigeluth. 1996. Task Analysis International Encyclopedia Educational Technologi. Great Britain Combridge University Press.

Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. PPS UPI.

Sugandi. A. I. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. Tesis. STIKIP Siliwangi.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Palah Production.

Sumarmo. 2008. Berfikir Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Cara Memvisualisasinya. Makalah disampaikan pada seminar di Universitas Negeri Bandung.

Tim MKPBM. 2001. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung. JICA-UPI.

Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 2302 times
Untitled - 20 times