PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

Fahrul Basir

Abstract


Jenis penelitian eksperimen,Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran kooperatiftipe jigsaw II dan pembelajaran konvensional. Satuaneksperimenseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo ditentukan dengan pourposive sampling, sehingga terpilihlah kelas VIII.8 kontrol diajar denganpembelajarankonvensionaldan kelas VIII.9 eksperimen diajar dengan model kooperatiftipe Jigsaw II. Instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Data yang diperoleh yaitu data kemampuan pemecahan masalah dandata keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan statistika Deskriptif dan statistiki nferensial. Hasil analisis statistika deskriptif kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas nilai pretest 42,61 posttest 88,61 gain 0,79. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest39,89 posstest 78,85 gain 0,65. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajar dengan model kooperatiftipe Jigsaw II. Analisis statistikain ferensial menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Berdasarkan criteria pengaruh dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pada model kooperatif tipe jigsaw II terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Kata-kata kunci :Jigsaw II dan pemecahan masalah

Full Text:

Untitled

References


Anisa, Nur. 2015.Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Kooperatf Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Walenrang. Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-UNCP.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional. Bandung : Fokusmedia

Hamzah . 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herguhtya, Dini. (2009). Pengaruh penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw II terhadap minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sengal.

Ilyas, M. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka ramadhan: Bandung.

Ilyas, M., & Basir, F. (2016).Keefektifan Strategi Konflik Kognitif Pada Pembelajaran Struktur Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Mahasiswa.Journal of Mathematics Education.

Ilyas, M., & Fitriani, A. (2015).Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo.Skripsi tidak diterbitkan.UNCP.

Jais, Syaiful. 2014. Perbandingan Penggunaan Media Tangga Garis Bilangan Danmedia Abakus Biji pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bua. Skripsi. tidak diterbitkan. FKIP-UNCP.

Jumadir. 2015 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Palopo pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-IAIN.

Jumarniati, J.,& Ekawati, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Journal of Mathematics Education.

Khudrat. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Langsung Berbasis Hypnoteaching dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMK Kartika XX-2 Palopo. Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-UNCP.

Lie, Anita. 1993. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Puspita, Ita. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Di Tinjau dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Suli. Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-UNCP.

Paturu, Marson. 2017. Efektifitas Strategi Pembelajaran Elaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masala Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo.tidak diterbitkan.FKIP-UNCP.

Risnawati, 2008Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Rianto, Arif. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X TKJ SMK Nasional Berbah.

Rasyid, Rais. 2017 Efektivittas Model Pembelajaran Kooperatif Ttipe Modified Jigsaw Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sukoharjo.Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-Universita Lampung.

Samsiah, 2016 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Suli. Skripsi.tidak diterbitkan.FKIP-UNCP.

Slameto.2010Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Rineka Cipta. Jakarta.

Slavin E. Robert. 2005 Cooperative Learning:Theory, Research and Practice. Nusa Media. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Jakarta.

Suyatno,Wina 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.Sidoarjo.

Sukmawati, S. (2016).Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Uncp Yang Berkemampuan Logika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Open Ended.Prosiding.

Susanto.(2013). Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II untuk Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Kelas VIII A MTS Nu Ungaran.

Syam,Nurfitria. 2015.Pengaruh Penerapan Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Maematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Lamasi. Skripsi.tidak diterbitkan. FKIP-UNCP.

Tiro, M. Arif. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Andira Publisher. Makassar

Trianto.2010 model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Presta Pustaka. Jakarta.

Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Kencana. Jakarta

Veline Siregar, dan Hartini Nara. 2014. Teori belajar dan pembelajaran.Ghalia Indonesia. Jakarta.

Yeni, Meza. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw II Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Lubuklinggau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 4924 times
Untitled - 96 times