DAMPAK MEDIA E-LEARNING TERHADAP KEDISIPLINAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Aswar Anas, Fitriani A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dalam mengerjakan tugas dan motivasi belajar mahasiswa dengan adanya penerapan Media E-Learning dalam pembelajaran analisis data pada mahasiswa program studi pendidikan matematika semester VII tahun ajaran 2018/2019 sekaligus untuk mengetahu adanya peningkatan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas dan motivasi belajar mahasiswa dengan adanya penerapan media e-learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Dalam penelitian ini pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengambilan data adalah mengunakan pretes-postest. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan mahasiswa dalam mengerjakan tugas analisis selama diberika perlakuan berada dalam ketegori ketegori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motvasi belajar mahasiswa minimal berada pada kategori tinggi pada mahasiswa program studi pendidikan matematika setelah penerapan media e-learning.

Kata Kunci : kedisiplinan dalam mengerjakan tugas, motivasi belajar mahasiswa, media e-learning

Full Text:

Untitled

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1).

Setianingsih, D. (2008). Perbedaan kedisiplinan belajar siswa ditinjau dari pola asuh orangtua (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aswar Anas, Fitriani A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.