KOMPARASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN NUMBER HEADS TOGETHER PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI

Shindy Ekawati, Karmila Karmila, Ary Herlina Kurniati HM

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program sudi pendidikan matematika universitas cokroaminoto palopo semester genap tahun akademik 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design di mana melibatkan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen I yaitu yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelompok Eksperimen II yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Kedua kelas yang tersebut sebelum diberikan perlakuan diberikan tes (pretest) kemudian kembali diberikan tes (posttest) setelah diberikan perlakuan. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu kelas 6a dan 6b yang penentuannya menggunakan teknik purposive sampling. Kelas 6a sebagai kelas eksperimen I dan kelas 6b sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan antara model pembejaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Number Heads Together (NHT) pada mata kuliah matematika ekonomi program studi pendidikan matematika universitas cokroaminoto palopo.

Kata Kunci : Komparasi, Hasil Belajar Mahasiswa, Kooperatif tipe TTW, Kooperatif tipe NHT

Full Text:

Untitled

References


Elida, N. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW).Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.2,

Firdaus, M, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Formatif 6(2): 93-99.

Kusumaningrum. R. dkk. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT), danThink Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.3, No.7.

Kusumaningtyas. P. Y. dkk. 2014. Eksperimentasi Model PembelajaranThink Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Konsep Diri Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri E-Kabupaten Blora. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.2, No.2.

Rahmawati,K, N. dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran TTW danNHT Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.2, No.10.

Riansyah, F. dan Riansyah, A. 2018. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Juring: Journal for Research in Mathematis Learning,Vol. 1, No. 2.

Rusman. 2016. Model-model pembelajaran :mengembangkan profesionalis guru.Jakata, PT. Rajagraf indopersada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 15 times
Untitled - 4 times

Copyright (c) 2019 Shindy Ekawati, Karmila Karmila, Ary Herlina Kurniati HM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.