PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR STATISTIKA

Fahrul Basir, Shindy Ekawati

Abstract


Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah dasar-dasar statistika program studi teknik informatika universitas cokroaminoto palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Desain penelitian ini hanya memberikan perlakuan pada satu kelas atau kelompok di mana sebelum diberikan perlakuan diberikan pretest terlebih dahulu dan setelah perlakuan diberikan posttest kemudian. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi teknik informatika kelas 2m universitas cokroaminoto palopo yang penentuannya menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas 2M program studi teknik informatika universitas cokroaminoto palopo setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan macromedia flash pada mata kuliah dasar-dasar statistika.

Kata Kunci : Kooperatif tipe TPS, Macromedia Flash, Dasar-dasar Statistika

Full Text:

Untitled

References


Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Muchlis, E. E., & Maizora, S. Penerapan Pembelajaran Trigonometri Yang Berbantukan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Bengkulu. SEMIRATA 2015, 1(1)

Sabil, H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01).

Safitri, M., & Hartono, Y. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Untuk Siswa Kelas VII SMP. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(2).

Sari, R. Y., & Rosidin, U. (2013). The Effect of Critical Thinking Skills of Junior High School Students Cognitive Learning Through Think Pair Share (Tps). Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2).

Sinaga, R. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Bantuan Software Wingeom Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Di Smpn 37 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 15 times
Untitled - 4 times

Copyright (c) 2019 Fahrul Basir, Shindy Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.