PENGARUH SIKAP PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Sirajuddin Sirajuddin, Nurdin Arsyad, Ma’rufi Ma’rufi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs di Kota Belopa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs di Kota Belopa dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap pada pelajaran matematika sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Data sikap pada pelajaran matematika diperoleh dengan menggunakan angket, dan data hasil belajar matematika diperoleh dengan menggunakan tes bentuk multiple choice. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear untuk menguji hipotesis. Hasil analisis regresi linear menghasilkan persamaan regresi linear sederhana = 60,60 + 0,24X. Hasil penelitian menunjukkan sikap pada pelajaran matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs di Kota Belopa. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini yaitu guru matematika perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman dengan memberikan rasa aman dan bebas secara psikologis, memberikan kesempatan pada siswa untuk berkreativitas dan berpartisipasi aktif, sehingga memungkinkan siswa mengembangkan sikap yang baik dan seluruh potensi kecerdasannya secara optimal.

Kata Kunci: Sikap, Pelajaran Matematika, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Erviana, L. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Tesis Dipublikasikan. (Online). http://eprints.unm.ac.id. Diakses pada 31 Maret 2018.

Hartati, L. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. (Online), 3(3): 224-235. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2017.

Karim, A. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. (Online), 4(3): 188-195. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2017.

Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Online), 3(2): 115-125. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 16 Oktober 2017.

Sujarwanta, A. dkk. 2017. Studi Ex Pos Facto Pengaruh Pengalaman Saintifik dan Pengetahuan Lingkungan terhadap Kepedulian Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2015/2016. (Online), 2(1): 111-123. https://www.ojs.ummetro.ac.id. Diakses pada 14 Februari 2019.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Rosda Karya.

The Liang Gie. 1994. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: PUBIB.

Wawan, A., dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogjakarta: Nuha Medika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sirajuddin Sirajuddin, Nurdin Arsyad, Ma’rufi Ma’rufi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.