PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Ade Indri Lestari, Aan Juhana Senjaya, Denni Ismunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran turunan fungsi aljabar berbasis Android menggunakan Appy Pie; (2) mendapatkan media pembelajaran turunan fungsi aljabar berbasis Android yang layak pakai. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Prosedur pengembangan tersebut meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba produk awal, uji coba lapangan utama dan revisi hasil uji coba lapangan utama. Pengumpulan data menggunakan instrumen kelayakan media oleh guru, instrumen kelayakan media oleh siswa dan instrumen pemahaman konsep turunan fungsi aljabar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran turunan fungsi aljabar berbasis Android berhasil dikembangkan menggunakan Appy Pie, produk media berupa aplikasi Android dengan format apk. (2) Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak berdasarkan hasil penilaian guru dan siswa dengan rerata skor sebesar 64,5 dan 60,2. Uji efektifitas media menunjukkan media pembelajaran turunan fungsi aljabar berbasis Android yang dikembangkan efektif untuk melatih pemahaman konsep turunan fungsi aljabar.

Kata Kunci: Media pembelajaran, android, APPY PIE, pemahaman konsep

Full Text:

Untitled

References


Astuti, I. A. D., Dasmo, dan Sumarni, R.A. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 24(2). 695-701.

Novitasari, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. 2(2): 8-18.

Nurhairunnisah. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Kelas X. Tesis. Program S2 Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 58 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Sari, R. U. 2014. Analisis Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi Turunan Kelas XI IPS SMAN 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3). 22-25.

Setyadi, D. 2017. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya. 33(2). 87-92.

Subramanya, S.R, dan Farahani, A. 2012. Design of a Smartphone App for Learning Concept in Mathematics and Engineering. International Journal of Innovation Science. 4(3). 173-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 30 times
Untitled - 16 times

Copyright (c) 2019 Ade Indri Lestari, Aan Juhana Senjaya, Denni Ismunandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.