KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA GURU SD DI KECAMATAN SUKAMAJU SELATAN

Sri Hartatik, Suaedi Suaedi, Nurdin Nurdin

Abstract


Supervisi akademik oleh kepala sekolah merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Kepala sekolah dan guru memahami pentingnya pelaksanaan supervisi akademik, namun pada kenyataannya pelaksanaan supervisi menjadi hal yang sulit untuk dilaksanakan. Hal ini berkaitan dengan tugas kepala sekolah bukan hanya bertugas di dalam lingkup sekolah, namun juga bertugas di luar lingkup sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi supervisi akademik dan kompetensi guru dalam pembelajaran matematika bagi guru SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif dan rancangan penelitian ini berbentuk non eksperimen atau ex post facto. Pelaksanaan penelitian dilakukan di sekolah dasar se kecamatan Sukamaju Selatan pada bulan Maret 2019, menggunakan guru kelas IV, V dan VI dari 11 sekolah. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi supervisi akademik dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linera sederhana melalui aplikasi SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi positif supervisi akademik terhadap kompetensi guru dalam pembelajaran matematika. Data pada penelitian menghasilkan persamaan Y = 128,666 + 0,927X. Berdasarkan uji pengaruh menunjukkan bahwa variabel supervisi akademik berpengaruh terhadap variabel kompetensi guru dalam pembelajaran sebesar 14,8% dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, maka berdampak baik pula pada kompetensi guru. Jika kompetensi guru meningkat, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia juga meningkat.

Kata Kunci: Supervisi akademik, kepala sekolah, guru kelas, komptensi guru, regresi

Full Text:

Untitled

References


Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, H.M. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan. 2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan, M. 2016. Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SDN 6 Sumbawa. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tidak diterbitkan

Martiningsih, T. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Partisipasi Guru Dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sd Di Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.

Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru. Jakarta: Kemendikbud.

Purwanto, Ngalim. 2014. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet. A. 2000. Profil Pendidik Profesional. Jakarta: Andi Offset.

Sahertian, Piet.A. 2008. Kosnsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 14 times
Untitled - 9 times

Copyright (c) 2019 Sri Hartatik, Suaedi Suaedi, Nurdin Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.