FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA SEMESTER V DALAM BELAJAR TRIGONOMETRI

Sukmawati Sukmawati, Jumarniati Jumarniati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam belajar trigonometri. Faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam belajar trigonometri terdiri dari 2 faktor yaitu faktor intern (dari dalam diri mahasiswa) dan faktor ekstern (dari luar diri mahasiswa). Metode dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh subjek sebanyak 30 mahasiswa. Skor rata-rata faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam belajar trigonometri adalah 27,16 (67,9%) dengan tingkat atau besarnya faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam belajar trigonometri ini berada pada kategori rendah.

Kata kunci: Kesulitan Belajar, Trigonometri

Full Text:

Untitled

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, dkk. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mallongi, Risno. 2011. Pengaruh Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Matematika SMA Negeri Se-Kota Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP UNCP

Mudzakir, Ahmad. 1997. Psikologis Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudia, Muhammad. 1995. Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat pada Siswa SLTP Negeri 2 Kendari. Skripsi, FKIP Unhalu.

Syamsuddin, Abin Makmun. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Warkitri. 1990. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunia UT.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sukmawati Sukmawati, Jumarniati Jumarniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.