PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR 7E DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 MAKASSAR

Abdul Hadi

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika dengan Model pembelajaran Tjink Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Siklus 7E. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Makassar. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IXA yang diajar dengan model pembelajaran TPS dan siswa kelas IXB yang diajar dengan model pembelajaran siklus 7E yang dipilih secara random sampling karena kelasnya homogeny pada tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika kelas IXA adalah 77,92 dengan standar deviasi 10,6 berada pada kategori baik, sedang skor rata-rata hasil belajar mateika siswa kelas IXB adalah 63,29 dengan standar deviasi 12,1 berada pada kategori cukup. Hasil analisis inferensial diperoleh thitung = 4,3 dan ttabel = 1,68. Artinya nilai dari thitung > ttabel . berarti H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis deksriptif dan inferensial maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran Siklus 7E pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Makassar.

Kata kunci: TPS, Siklus 7E, Hasil belajar.

Full Text:

Untitled

References


Adesnayanti K. D. 2012. “Model Think Pair Share”. Jurnal Pendidikan Matematika.No.1.hal. 8-12.

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, T. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purweketo: Yayasan Sanitarian Banyumas.

Damari, A. 2013.Matematika SMA/MA. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Isjoni, H. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Irianto, A. 2016. Statistik. Jakarta: Kencana

Jatmiko. 2015. “Eksperimen Model Pembelajaran Think Pair Share”. Jurnal ilmiah pendidikan matematika.vol.3 No. 2.Diakses februari 2015.

Jihad dan Haris. 2008. Evaluasi pembelajaran. Jakarta.

Kasmadi, Abdul Gani Haji, Yusrizal. 2016. “Model Pembelajaran Learning Cycle 7E” (http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi). Jurnal Pendidikan Sains Indonesi.Vol.04, No. 02.hlm.106-112.

Kosasih dan Sumarna.2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Kurmiasih dan Sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lihar Raudina Izzati, Sutopo, Henny Ekana Chrisnawati.“ModelLearning Cycle 7E” Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.(http://jurnal.fkip.uns.ac.id)..Diakses November 2016.

Purwanto.2016. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadia, W. 2014.Model-model pembelajaran Sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, W. 2010.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Madia Group

Shoimin. A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Subana. 2011. Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sundayana. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaram Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 15 times
Untitled - 11 times

Copyright (c) 2019 Abdul Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.