PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED NOTE TAKING POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIB SMP YP PGRI 4 MAKASSAR

Khaerani Khaerani, Rika Riyanti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode guide note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik,. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 pada peserta didik kelas VIIIB SMP YP PGRI 4 Makassar. Penitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 45,07%. Setelah dikenai tindakan pada siklus kedua keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 63,04%. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Kata kunci: keaktifan, guided note taking

Full Text:

Untitled

References


Ahmadi, A., dan Widodo S. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Masyhud. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: LPMPK.

Sudijono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Baru Algansindo,

Yamin, M. 2014. Teori dan Model Pembelajaran. Malang: Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khaerani Khaerani, Rika Riyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.