PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED NOTE TAKING POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIB SMP YP PGRI 4 MAKASSAR
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode guide note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik,. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 pada peserta didik kelas VIIIB SMP YP PGRI 4 Makassar. Penitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 45,07%. Setelah dikenai tindakan pada siklus kedua keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 63,04%. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Kata kunci: keaktifan, guided note taking
Kata kunci: keaktifan, guided note taking
Full Text:
UntitledReferences
Ahmadi, A., dan Widodo S. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Masyhud. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: LPMPK.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Baru Algansindo,
Yamin, M. 2014. Teori dan Model Pembelajaran. Malang: Madani.
DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Khaerani Khaerani, Rika Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.