PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Aswar Anas, Nilam Permatasari Munir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan E-Learning sebagai media pembelajaran. Penerpan dalam penelitian ini meliputi respon dan hasil belajar mahasiswa. Penerapan E-Learning sebagai media pembelajaran melibatkan mahasiswa IAIN Palopo (mata kuliah Aljabar Linear), mahasiswa UNCP Palopo (mata kuliah persamaan diferensial dan teori peluang) pada semester genap tahun ajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 4 kelas dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Adapun teknik pengambilan data adalah mengunakan pretes-postest dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa respon mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan penggunaan E-Learning sebagai media pembelajaran, terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah penerapan E-Learning sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : E- Learning, Media Pembelajaran.

Full Text:

Untitled

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1).

Setianingsih, D. (2008). Perbedaan kedisiplinan belajar siswa ditinjau dari pola asuh orangtua (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 19 times
Untitled - 12 times

Copyright (c) 2019 Aswar Anas, Nilam Permatasari Munir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.