UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PACE

N Siregar

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah hendaknya dapat mendorong siswa memiliki kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Kedua kemampuan tersebut perlu dibekalkan kepada siswa agar dapat menghadapi Era Industri 4.0. Untuk itu diperlukan suatu upaya yang sebaiknya dilakukan sejak dini, karena tidak mungkin kemampuan tersebut muncul secara tiba-tiba. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran model PACE. Dalam pembelajaran model PACE terdapat langkah-langkah dimana siswa dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan komunikasinya, diantaranya dengan cara melakukan aktivitas dan pengerjaan tugas baik mandiri maupun kelompok yang dirancang untuk menghasilkan produk akhir dalam hal ini adalah “Triangle Comic”. PACE sendiri terdiri dari project, activity, cooperative, exercise yang dalam pelaksanaanya tidak harus berupa urutan. Melalui penerapan model PACE ini diharapkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa dapat meningkat.

Kata kunci: Penalaran, komunikasi, model PACE

Full Text:

Untitled

References


Depdiknas. 2006. Pengembangan bahan ujian dan analisis hasil ujian: materi presentasi sosialisasi KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatima, R. (2012). Role of Mathematics in the Development of Society. National Meet on Celebration of National Year of Mathematics. Organized by NCERT, New Delhi.

Lee, C.1999. Computer-assisted aproach for teaching statistical Concepts. Comput. Sch., vol. 16, no. 1, pp. 193–208,

Manktelow, K. 2012. Thinking and reasoning: an introduction to the psychology of reason, judgment and decision making, 1st ed. Psychology Press.

Mosvold, R. (2006). Mathematics in everyday life A study of beliefs and actions. The University of Bergen.

Mullis, I. V. S. and Martin, M. O. Eds. 2013. Timss 2015 assessment frameworks. Chestnut Hill, M A: [Amsterdam]: TIMSS & PIRLS International Study Center ; International Association for the Evaluation of Educational Achievement,

Nizam. 2016. Ringkasan hasil-hasil asesmen: belajar dari hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdikbud.

OECD. 2016. PISA 2015 result in focus paris’. Paris: OECD Publishing.

Schwab, K. (Ed.). (2009). The global competitiveness report 2009-2010. World Economic Forum.

Shadiq, F. 2004. Penalaran, pemecahan masalah dan komunikasi matematika. Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Rahman, R. A. Yusof, Y. M., Kashefi, H., and Baharun, S. 2012. Developing mathematical communication skills of engineering students’, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, pp. 5541–5547,

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyak. P4TK, p. 57.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 34 times
Untitled - 16 times

Copyright (c) 2019 N Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.