ANALISIS KETERLAKSANAAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Ni Wayan Yulianti, Ma’rufi Ma’rufi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan keterlakaksanaan pendektan pemecahan masalah, yang memfokuskan pada perilaku siswa dengan mengacu pada tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.G . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pendekatan pemecahan masalah, catatan lapangan, lembar observasi keterlaksanaan pendekatan pembelajaran (kuantitatif) serta rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendektan pemecahan masalah terlaksana dengan baik. Tahap membaca masalah siswa mengidentifikasi fakta dengan dengan cara mencari, menemukan, mengumpulkan, mencatat data yang berkaitan dengan pertanyaan, yakni data terkait bangun ruang sisi datar dengan bertanya kepada guru. Siswa mengidentifikasi pertanyaan dengan membaca pertanyaan secara berulang ulang sehingga dapat menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat informasi yang diperoleh dari pertanyaan dan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada masalah luas permukaan bangun ruang sisi datar yang ada di LKS. Pada tahap eksplorasi siswa mengorganisasikan informasi dengan cara menyusun semua informasi terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar yang diperoleh agar menjadi satu kesatuan. Tahap memilih strategi siswa memilih strategi mencoba dan mengerjakan setiap pertanyaan terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar. Tahap mencari jawaban siswa menggunakan kemampuan berhitung untuk menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Kemudian pada tahap refleksi dan mengembangkan, siswa memeriksa kembali jawaban.

Kata kunci: Keterlaksanaan, pendekatan, pemecahan masalah, Krulik dan Rudnick.

Full Text:

Untitled

References


Avinie, N. F. 2013. Analisis Perilaku Pemecahan Masalah Pada Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Segiempat Kelas Vii Smpn 7 Surabaya. Mathedunesa, 3(2).

Badrulaini, B. 2018. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 847-855.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka

Ramadhan. Bandung.

Juliana, J., Ekawati, D., & Basir, F. 2017. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal Of Mathematics Education, 2(1).

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. 1998. Problem Solving: A Handbook For Elementary School Teachers. 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02194-2310.

Lahinda, Y., & Jailani, J. 2015. Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161.

Moleong, L. J. 1999. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 13 times
Untitled - 11 times

Copyright (c) 2019 Ni Wayan Yulianti, Ma’rufi Ma’rufi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.