PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO

Wija Utami, Muhammad Ilyas

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo yang terdiri dari sepuluh kelas dan dengan teknik purposive sampling terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIIIJ sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika, lembar keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pendekatan RME lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pendekatan RME, Berpikir Kreatif Matematika

Full Text:

Untitled

References


Ahmad, Zakaria. 2014. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Smp Antara Yang Mendapatkan Pembelajaran dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Piaget dan Hasweh. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. www.repository.upi.edu, (pdf) diakses, 25 November 2018.

Habibullah. 2013. Perbandingan Overhand Throw Dan Side hand Throw Terhadap Akurasi dan Kecepatan Lemparan Dalam Olahraga Softball. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. https://repository.upi.edu. (pdf) diakses, 25 November 2018.

Nur’aini, Siti Erna., Irawati, Riana., Julia. 2016. Pengaruh Pendekatan Realisitic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1 no. 1: 693.

Nurcahya. 2018. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Malili. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.

Rahman, Risqi. 2012. Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 No. 1: 20. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id. (pdf) diakses, 25 November 2018.

Syahrir. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. JIME. Vol. 2 No. 1. IKIP Mataram. https://download.garuda.ristekdikti.go.id. (pdf) diakses, 4 desember 2018.

Tandiling, Edy. 2012. Implemantasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik (Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Zakariya, E., dan Syamaun, M. 2017. The Effect Of Realistics Mathematics Education Approach On Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends And Research. /No 1:32-40. https://www.ispacs.com. (pdf) diakses, 4 Desember 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 19 times
Untitled - 11 times

Copyright (c) 2019 Wija Utami, Muhammad Ilyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.