Analysis of Mathematics Teacher Problem in Learning Implementation Senior High School

Muhammad Ikram, Taufiq Taufiq

Abstract


Banyak penelitian yang mengkaji tentang permasalahan siswa dalam pembelajaran matematika. Tetapi jika melihat kondisi nyata yang terjadi di sekolah, Siswa tidak mampu berpikir secara matematis yangmengindikasikan bahwa terdapat proses pembelajaran yang tidak terstruktur sehingga banyak pihak menyalahkan tenaga pendidik dalam hal ini guru merupakan unsur penting dari keberhasilan siswa dalam pembelajaran dan ada indikasi bahwa siswa tersebut memang kurang mampu berpikir secara matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji secara detail tentang bagaimana permasalahan guru dalam menerapkan pembelajaran mateamatika di Sekolah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Subjek penelitian ini adalah guru matematika di Kota Palopo. Proses penelitian ini mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator permasalahan guru berdasarkan teori dan penelitian yang relevan; (b) merumuskan instrumen pendukung dalam hal ini pedoman wawancara; (c) melakukan pengambilan subjek penelitian; (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkap permasalahan guru dalam menerapkan pembelajaran di sekolah; (e) melakukan triangulasi untuk mendapatkan data yang valid; (f) melakukan analisis data permasalahan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika di sekolah; (g) melakukan pembahasan hasil analisis; (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru mengalami kesulitan dalam mengelolah kelas yang heterogen; (2) Minimnya sarana dan prasarana di sekolah; (3) Minimnya perhatian siswa terhadap kelengkapan buku-buku pelajaran; (4) Setiap permasalahan yang telah terjadi di sekolah menengah atas di kota Palopo terjadi karena adanya siswa memiliki dasar yang kurang; (5) Ada beberapa siswa di sekolah yang memiliki kemampuan rendah dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka permasalahan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika di sekolah dapat dijadikan acuan dalam mengembangkankarakter, menumbuhkembangkan kemampuan penalaran,kreatifitas guru sertamenguatkan pemahaman siswa ditingkat dasar dalam hal konsep dasar matematika untuk siswa di Sekolah dan dapat digunakan sebagai dasar penelitian lebih lanjut yang bersifat modifikasi.

Kata kunci: Permasalahan Guru Matematika, Penalaran

Full Text:

Tidak berjudul

References


Ball, Deborah and Thames, Mark Hoover. 2008. Content Knowledge for Teaching. Journal of Teacher Education Volume 59 Number 5

Ernest, Paul. 2005. Constructing Mathematical Knowledge: Epistemology and Mathematical Education. The Falmer Press Washinton DC. (145-151)

Ikram, Muhammad. 2013. Exploration The Students Reasoning In Solving Trignometry Problems in terms of The Ability of Logical Thinking

Kincheleo, Joe I. 2008. Knowledge and Critical Pedagogy an instruction. Springer

Polya, G. Induction and Analogy in Mathematics: Mathematics and Plausible Reasoning. Pricenton University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i1.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muhammad Ikram, Taufiq Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.