Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Penugasan pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Mare

Patmaniar Patmaniar, Darma Ekawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis penugasan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mare dengan jumlah 37 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan selama empat kali pertemuan dan siklus II juga empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) setiap pertemuan dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif dan kuantitatif adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 62,95 dengan standar deviasi 20,955 pada siklus I yang berada pada kategori sedang, meningkat menjadi 68,43 dengan standar deviasi 15,819 pada siklus II yang berada pada kategori tinggi; (2) sikap siswa turut meningkat dengan melihat hasil observasi frekuensi kehadiran tiap siklus serta keaktifan siswa pada saat proses belajar mengjar.Dari hasil penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis penugasan, hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mare dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Penugasan, Hasil Belajar

Full Text:

Tidak berjudul

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dahlan. 2002. Kamus Moderen Bahasa Indonesia. Yogyakarta

Dimyati, Mudjiono. 1989. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM

Hudoyo, Herman. 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang : IKIP Malang

Jusuf , Djadjadisastra. 1981. Metode- Metode Mengajar. Bandung : Angkasa

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Sagala, Syaiful. 2001. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soedjana. 1986. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Karunika Jakarta Universitas Terbuka

Sunardi, dkk. 2008. Matematika Kelas 1 SMA/MA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

To,ali. 2008. Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i1.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Patmaniar Patmaniar, Darma Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.