KEEFEKTIFAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MAHASISWA

Muhammad Ilyas, Fahrul Basir

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pre-test dan post-test yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Sampel dalam penelitian adalah kelas 5B pada tahun ajaran 2016/2017 yang dilakukan secara random. Teknik pengumpulan datanya yaitu aktivitas mahasiswa, respons mahasiswa, dan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika mahasiswa. Teknik analisis datanya yaitu dianalisis secara kuantitatif, deskriptif (aktivitas mahasiswa, respons mahasiswa, dan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika mahasiswa), dan secara inferensial (untuk mengetahui keefektifan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Terdapat penigkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika pada penerapan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI; (2) Aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat baik; (3) Respons mahasiswa berada pada kategori positif; (4) Penerapan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika efektif.
Kata Kunci : Keefektifan, Konflik kognitif, Penalaran dan komunikasi

Full Text:

Untitled

References


Amri, Satan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Brodie, Karin. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classroom. New York: Springer.

Dahlan, Jarnawi Afgani dkk. 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan, Volume 13, Nomor 2, September 2012, 65-76. Bandung : FPMIPA UPI

Shadiq, Fadjar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar Tanggal 6 s.d. 19 Agustus 2004 di PPPG Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.

Suhaedi, Didi. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 2012

Trianto.2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Watson. (2002). Creating cognitive conflict in a controlled research setting: Sampling. Diambil dari web: http://www.stat.auckland.ac.nz/~iase/publications/1/6a1_wats.pdf. Diakses 23 Desember 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Ilyas, Fahrul Basir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.