PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE NUMERIK BERBASIS PEMECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Ahmad Fadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1. mengembangkan bahan ajar metode numerik berbasis pemecahan masalah yang baik, dan 2. mengetahui respon mahasiswa terhadap bahan ajar metode numerik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang terdiri atas tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian bahan ajar dan lembar respon mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar metode numerik berbasis pemecahan masalah yang layak untuk menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Bahan ajar dikembangkan dengan menggunakan masalah,konsep, teorema, dan latihan soal. Setiap materi dimulai dengan masalah yang dikembangkan untuk menfasilitasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. bahan ajar metode numerik tersebut nilai kelayakannya dengan kategori Sangat Baik dengan persentase 91,35% dan respon Positifdari mahasiswa dengan persentase 75% dari mahasiswa.
Kata Kunci : Bahan ajar metode numerik, pemecahan masalah, dan kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

Untitled

References


Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.

Hulukati 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melaluui Pembelajaran

Generatif. Disertasi. Program Pascasarjana UPI. Tidak Diterbitkan.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standard for School mathematics. Virginia: NCTM inc.

Pugalee, D.A 2001. Using Communication to develop student’s literacy. Journal research of mathematics education 6(5), 296-299.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 145 times
Untitled - 280 times

Copyright (c) 2017 Ahmad Fadillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.