PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Hajerina Hajerina

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Bambaira terhadap materi Keliling dan Luas Trapesium. Alternatif tindakan yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Bambaira. Rancangan penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran telah berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikalnya. Pada tes akhir siklus 1 mencapai 71,43% dan pada tes akhir siklus II meningkat menjadi 92,86% pada kualifikasi sangat baik.
Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Trapesium

Full Text:

Untitled

References


Ali. 2004. Mengoptimalkan Daya Pikir. Jakarta: Pustaka Deaprakasa.

Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono. 1996. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hatibe, Amiruddin. 2012. Metedologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Suka Press.

Karso. Dkk. 1998. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing, (Online), (http://PPP_Penemuan_Terbimbing.pdf, diakses 24 Februari 2016).

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakata: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Ratumanan, T.G..2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rofi’uddin, A.. 1996. Rancangan Penelitian Tindakan. Malang: Lemlit IKIP Malang.

Santrock, John W.. 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ed. 2 Cet. 3.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, M.Ed.. 2000. Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Syaiful, Bahri Dj. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. 1991, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.

Wiriaatmadja Rochiati. 2012. Metode Penelitin Tindakan Kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hajerina Hajerina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.