DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Juliana Juliana, Darma Ekawati, Fahrul Basir

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 6 Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Palopo dengan dua subjek yaitu subjek berkemampuan tinggi dan sedang yang dipilih berdasarkan pada nilai rapor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 3 butir soal, dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki kedua subjek dari 3 nomor soal berdasarkan empat indikator pemecahan masalah yaitu pada indikator mengidentifikasi data diketahui, ditanyakan, kecukupan data untuk pemecahan masalah Subjek Tinggi (ST) berada pada kemampuan kategori tinggi sedangkan Subjek Sedang (SS) berada pada kategori sedang dengan satu soal yang tidak terjawab. Untuk indikator mengidentifikasi strategi yang dapat ditempuh Subjek Tinggi berada pada kategori kemampuan tinggi sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori kemampuan sedang, pada indikator menyelesaikan model matematika Subjek Tinggi berada pada kategori kemampuan tinggi dengan 3 penyelesaian soal yang tepat dengan langkah yang benar sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori sedang dengan satu soal tidak terjawab, dan pada indikator memeriksa kebenaran solusi yang diperoleh Subjek Tinggi berada pada kategori tinggi sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori rendah.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, SPLDV

Full Text:

Untitled

References


Fitri, Laila. 2015. Analisis Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bua Ponrang Pada Materi Trigonometri. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan - Universitas Cokroaminoto Palopo.

Ilyas, Muhammad. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.

Rusnaeni. 2014. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wotu. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Cokroaminoto Palopo.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol 8(3): 14. (Online). (http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id/data/edisi8/vol3/Tina.pdf. Diakses 19 Januari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 717 times
Untitled - 1067 times

Copyright (c) 2017 Juliana Juliana, Darma Ekawati, Fahrul Basir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.