DESKRIPSI KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMP BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

Zet Petrus, Karmila Karmila, Achmad Riady

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB yang terdiri dari 3 orang, yaitu siswa yang berkemampuan tinggi 1 orang, siswa berkemampuan sedang 1 orang dan siswa yang berkemampuan rendah 1 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes kemampuan geometri dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan wawancara berbasis tes. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator level berpikir geometri menurut teori Van Hiele berdasarkan teori dan penelitian yang relevan, (b) merumuskan instrumen pendukung (tes geometri Van Hiele dan pedoman wawancara) yang valid dan reliabel, (c) melakukan pengambilan subjek penelitian dengan memberikan tes kemampuan geometri, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkap level berpikir geometri siswa pada materi sifat-sifat segiempat, (e) melakukan analisis data level berpikir siswa menurut teori Van Hiele berdasarkan kemampuan geometri, (g) melakukan pembahasan hasil analisis, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (a) subjek KT berada pada level 3 (deduksi) (b) subjek KS berada pada level 2 (abstraksi), sedangkan (d) subjek KR berada pada level 1 (analisis).
Kata Kunci: kemampuan, geometri, Van Hiele.

Full Text:

Untitled

References


Musa, Dwiwansyah, Aditya, Lisa. 2014. Deskripsi Level Berfikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-pare. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Negeri Makassar.

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Suyono. 2008. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran. Erlangga. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 137 times
Untitled - 785 times

Copyright (c) 2017 Zet Petrus, Karmila Karmila, Achmad Riady

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.