DESKRIPSI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI TRANSFORMASI

Sukmawati Sukmawati, Eva Dwika Masni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri transformasi pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes geometri transformasi. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan menyelesaikan soal-soal translasi geometri transformasi termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 80,55 dari skor ideal 100 dan standar deviasi yang diperoleh adalah 9,49. kemampuan menyelesaikan soal-soal refleksi geometri transformasi termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 79,48 dari skor ideal 100 dan Standar deviasi yang diperoleh adalah 8,55. kemampuan menyelesaikan soal-soal rotasi geometri transformasi termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,08 dari skor ideal 100 dan standar deviasi yang diperoleh adalah 7,17. kemampuan menyelesaikan soal-soal dilatasi geometri transformasi termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 75,83 dari skor ideal 100 dan standar deviasi yang diperoleh adalah 6,80. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal-soal geometri transformasi termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 79,48 dari skor ideal 100 dan standar deviasi yang diperoleh adalah 6,02.
Kata kunci: Kemampuan, Geometri Transformasi

Full Text:

Untitled

References


Hakim. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Jackson, P.W. 1992. Handbook of Reseasrch on Curriculum. New York: A Project of American Educational Research Association.

Maemuna. 2004. Kriteria Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika. Bandung: Rosdakarya.

Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjannah. 2004. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktur pada Siswa Kelas I SLTP Negeri 2 Sibulue Kab. Bone. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Ruseffendi. 1988. Matematika Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 122 times
Untitled - 236 times

Copyright (c) 2017 Sukmawati Sukmawati, Eva Dwika Masni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.