PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Jumarniati Jumarniati, Shindy Ekawati

Abstract


Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Buku Siswa, Lembar
Kegiatan Siswa, Lembar Penilaian Hasil Belajar Siswa dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Minimnya perangkat pembelajaran yang mengaitkan dengan kemampuan berpikir kritis maka Tujuan Jangka Panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu perangkat pembelajaran
dengan Model Kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi datar untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang nantinya produk ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan pembelajaran. Target Khusus penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe
Jigsaw pokok bahasan bangun ruang sisi datar untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa, (2) Untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Jigsaw pokok bahasan bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMPN
1 Palopo. Prosedur pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D Thiagarajan yang selanjutnya dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3-D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Development (pengembangan), karena model ini lebih terperinci dan dapat memudahkan peneliti untuk menentukan langkah penelitian selanjutnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Metode Tes, Observasi Kinerja, Observasi, dan Angket. Instrumen penelitiannya menggunakan Lembar validasi, Lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan Lembar pengamatan aktivitas siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

Untitled

References


Driana, E 2013.Menyikapi Hasil PISA 2012. Tulisan dipublikasikan Pada Koran Kompas. Jakarta

Ennis, R.H 1996. Critical Thinking, United States of America: Prentice Hall.

Fisher, A. 2007. Berpikir Kritis. Cambridge University Press

Hassoubah, Z.I 2004. Developing creative and critical thinking skills, cara berpikir kreatif dan kritis. Bandung: Penerbit Nuansa.

Langrehr, J. 2011. New Methods for teaching and testing inventive, inquisitive, and judgmental thinking. Malaysia: Journal International Confrence of Teaching and learning

Nanang, Hanafiah, dkk. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi

Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E.P., 2009 Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jumarniati Jumarniati, Shindy Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.