PENGGUNAAN MEDIA KARTU METODE PIRAMIDA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Indah Suciati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media kartu metode piramida pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII B MTs Alkhairaat Biromaru. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, pemberian tes, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII B MTs Alkhairaat Biromaru mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikal, pada tes awal ketuntasan belajar klasikal 50% pada siklus I mencapai 76,92% dan pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu metode piramida dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di kelas VII B MTs Alkhairaat Biromaru.
Kata kunci : Media Kartu, Metode Piramida, Persamaan Linear Satu Variabel.

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Dahar, R. Willis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Febrianti, R. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu variabel. [Online].

http://repository.unib.ac.id/8729/1/ I,II,III,II-14-rik.FK.pdf. diakses pada tanggal 16 Desember 2017.

Hill, Winfred F. (2011). Theories of Learning: Teori-teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi, dan Signifikansi. Bandung: Nusa Media

Jaeng, M. (2007). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Palu: FKIP Universitas Tadulako

Kasim, S. Ruqaiyyah., Sutji Rochaminah, & Ibnu Hadjar. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Konstanta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII MTsN Poso Pesisir. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 03 (4) Juni 2016; 494 – 506.

Ollerton, Mike. (2010). Panduan Guru Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Silver, Harvey F., dkk. (2013). Pengajaran Matematika: Kurikulum Inti Bersama, Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Suciati, Indah. (2010). Penerapan Gaya Belajar Model Kolb Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Daerah Lingkaran di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 3261 times
Untitled - 136 times

Copyright (c) 2018 Indah Suciati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.