Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi Mahasiswa Semester III Pendidikan Biologi

Fitrah Al Anshori, Eva Sohriati

Abstract


Two Stay Two Stray merupakan salah satu jenis pembelajaran kooperatif dengan cara membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas atau memecahkan masalah tertentu. Dengan kata lain pembelajaran kelompok yang memberikan peran aktif kepada siswa untuk saling bekerja sama dalam memperoleh informasi dan memecahkan masalah, dengan cara memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil diskusi dan informasi kepada kelompok lainnya.dengan mempunyai beberapa tahapan 1. Siswa bekerja kelompok dalam kelompok berempat seperti biasa. 2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertemu ke dua kelompok lain. 3. Dua orang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi yang dimiliki kepada tamu. 4. Tamu mohon diri, kembali ke kelompok awal dan melaporkan temuan dari kelompok lain.5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi kelas 3C Universitas Cokroaminoto Palopo yang diajar dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata kuliah gizi dan kesehatan. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata kuliah gizi dan terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi kelas 3C Universitas Cokroaminoto Palopo.Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas 3C IPA semester ganjilUniversitas Cokroaminoto Palopo tahun pelajaran 2015/2017.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar biologi mahasiswa mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 122,31penerapan strategi ARIAS terintegrasi model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar biologi mahasiswa kelas 3C jurusan pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo.

Full Text:

PDF Remote

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 5 times Remote - 16 times