PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN YANG BERORIENTASI LOKAL

Fitriyah karmila, Ridha yulyani wardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) Untuk mengembangkan buku bahan ajar berbasis model pembelajaran proyek pada mata kuliah pengetahuan lingkungan yang berorientasi local. (b) Untuk mengetahui kualitas buku bahan ajar yang dihasilkan ditinjau dari validitas, reliabilitas dan kepraktisannya. Adapun target luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil penelitian ini dapat dipublikasikan dalam jurnal lokal yang mempunyai ISSN atau jurnal nasional terakreditasi; (2) hasil penelitian ini diprosiding pada seminar ilmiah baik yang berskala lokal, regional maupun nasional; (3) hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan sebagai buku ajar dalam mempelajari mata kuliah pengetahuan lingkungan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen, angket respon dosen, lembar instrumen kepraktisan. Lembar validasi instrument digunakan untuk memperoleh data tentang kevalidan instrumen, angket respon dosen untuk memperoleh data kepraktisan tentang penggunaan buku bahan ajar, instrumen keterlayakan untuk memperoleh data kepraktisan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dinyatakan telah valid dan reliable dengan nilai 0,74. Hasil penilaian kelayakan berada pada poin 3,4 yakni berada pada kategori cukup layak. Hasil penilaian keterlaksanaan berada pada poin 3,5 yakni kategori sebagian besar terlaksana. Respon dosen sebesar 68% member respon positif dan respon mahasiswa sebanyak 60% memberi respon positif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 13 times