ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT KAKAO MENGGUNAKAN METODE AHP

Baso Ali

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses pemilihan bibit kakao unggulan bagi petani, dengan membandingkan bibit yang sudah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode AHP dengan program expert choice sebagai media informasi untuk permilihan, sekaligus untuk memperbandingkan antara bibit kakao yang sudah ada. Penelitian ini dilakukan pada Kelurahan Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Model ini ada 4 komponen analisis yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bibit kakao unggulan yang banyak di sukai oleh para petani yaitu pada bibit kakao MMC 02 dan Sulawesi 2, baik dari tiap-tiap kriteria maupun perbandingan antar alternatif lainnya.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonim, 2007. Gambaran Sekilas Industri Kakao. http://www.depperin.go.id/PaketInformasi/Kakao/kakao.pdf. diakses pada tanggal 9 Oktober 2010.

Anonimous. 2010. Pedoman teknis penanggulangan hama Penggerek Buah Kakao di Indonesia. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Direktorat Jenderal Perkebunan.

BPS Kabupaten Luwu, 2015. Kecamtan Bupon Dalam Angka. Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Selatan, 2008. Statistik Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar.

Kusrini. 2007. Konsep dan aplikasikan Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Latifah, Siti. 2005. Prinsip-prinsip Dasar Analytic Hierarchy Process. Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006. hlm. 251.

S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), Cet. 2, hlm. 167-168.

Thomas L. dan Michael P. Niemera. 2006. A Framework for Making a Better Decision: How to Make More Effective Site Selection, Store Closing,


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.