DESAIN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 WALENRANG

Nirsal Nirsal, Heliawaty Hamrul, Syafriadi Syafriadi

Sari


Tujuan penelitian ini mendesain dan mengimplentasikan e-learning pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Walenrang. Metode penelitian menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tools yang digunakan dalam mendesain e-learning menggunakan pendekatan Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari diagram use case, activity, sequence, dan class diagram sedangkan tools yang digunakan dalam mengimplentasikan e-learning yaitu Notepat++, Photoshop, Coreldraw, Macromedia Dreamweaver, XAMPP, MySQL untuk basis datanya, dan scripting PHP sebagai dasar bahasa pemrograman yang digunakan. Hasil penelitian ini menghasilkan sistem e-learning pada SMK Negeri 2 Walenrang yang telah dilakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa e-learning pada SMK Negeri 2 Walenrang yang dibuat dengan hasil perhitungan tiap-tiap nilai dari masing-masing form didapatkan jumlah region=29, cyclomatic complelexity=29, independent path=29, karena jumlah ketiga parameter diatas bernilai ssama maka dapat disimpulkan bahwa e-learning yang telah dibuat dapat dikatakan bebas dari kesalahan logika.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Devina, Ria Apriyani. 2013. Analisis dan Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Pembayaran Kredit Rumah Berjangka Pada PT Pulau Jaya Abadi Palembang Menggunakan Pemrograman Delphi 2007 dan SQL Server 2008. Diakses melalui :http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2013/06/Jurnal_RiaApriyaniDevina_AnalisisdanRancangBangun.pdf.

Dini. 2011. Desain Dan Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis

Web Dengan MVC (Model View Controller). Palembang: Politeknik PalComTech Palembang. Ivan, Jacobson. 2013. Metode white box. Bumi Aksara. Jakarta.

Dongsong, Zhang. 2004. Can E-Learning Replace Classroom Learning. Communication of The ACM. 47(5):75-79

Ivan, Jacobson. 2013. Metode white box. Bumi Aksara. Jakarta.

Rosa., Salahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Widodo, Prabowo Pudjo., Herlawati. 2011. Menggunakan UML Unified Modeling Language. Informatika. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.