RANCANG BANGUN WEBSITE PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 5 BAEBUNTA

Rahmawati Nasser, Saddang Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun website pada unit pelaksana teknis sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Baebunta yaitu merancang interface dan basis data system, membuat system sesuai dengan perancangan yang telah dibuat serta mengeimplemntasikan system yang telah buat serta melakukan pengujian pada system. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sementara itu, dalam pengembangan system penulis menggunakan metode research and development mengacu pada model waterfall. Adapun software yang digunakan adalah sublime text sebagai text editor, PHP sebagai bahasa pemrograman, Mysql untuk pengelolahan basis data dan Xampp sebagai servernya. Teknik pengujian yang digunakan dalam sistem ini yaitu teknik pengujian white box testing, Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan bahwa rancang bangun website pada Unit Pelaksana Teknis SMP Negeri 5 Baebunta layak dan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Kesimpulan dari hasil pengujian dan perhitungan di atas didapatkan jumlah cyclomatic complexity = 62, independent path = 62, dan region = 62, karena jumlah ketiga parameter diatas bernilai sama maka website yang telah dibuat dapat dikatakan bebas dari kesalahan logika. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini rancang bangun website ini menyediakan semua data-data yang terkait dengan website sekolah dan telah disesuaikan terlebih dahulu sehingga dapat memudahkan pihak sekolah dalam mengoperasikan system tersebut.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Christian A, Hesinto S dan Agustina. 2018. Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap (Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) (online), volume 7(1): 22–27.http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/sisfokom/article/viewFile/00004/229. Diakses 22 Januari 2019.

Melian, Pratama. 2018. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Negeri 44 Bandung). Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI) (online),volume1(3).https://search.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/775. Diakses 22 Januari 2019.

Riyadi, S, A, Retnandi, E, Deddy, A. Supriatna. 2013. Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. Jurnal Algoritma (online), volume 9(01). http://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/view/49. Diakses 22 Januari 2019.

Simarmata, J. 2010. Rekayasa Web. Andi. Yogyakarta.

Solichin, A. 2010. MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir.Achmad Solichin. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.