Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas Siswa dalam Belajar Microsoft Word 2003 di Kelas X SMA Negeri 2 Palopo

Nirsal Nirsal

Sari


Penelitian ini dilakukan dalam kaitannya dengan upaya mengetahui kemampuan dan kreativitas siswa dalam belajar microsoft word dengan menggunakan metode tutor sebaya pada SMA Negeri 2 Palopo di kelas X9. Penelitian ini akan difokuskan pada upaya untuk mengatasi faktor internal yang diduga menjadi penyebab rendahnya tingkat kemampuan dan kreatifitas siswa kelas X9 SMA Negeri 2 Palopo, dalam mempraktek latihan kerja siswa, yaitu kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung monoton dan membosankan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang kondusif; aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah pendekatan dengan metode tutor sebaya. Melalui tutor sebaya, siswa bukan dijadikan sebagai objek pembelajaran tetapi menjadi subjek pembelajaran, yaitu siswa diajak untuk menjadi tutor atau sumber belajar dan tempat bertanya bagi temannya. Dengan cara demikian siswa yang menjadi tutor dapat mengulang dan menjelaskan kembali materi sehingga menjadi lebih memahaminya

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitia., Bandung :

PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi

Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Permana, Budi. 2001. Seri Penuntun Praktis Microsoft Word 2003. Jakarta :

PT Gramedia.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta :

PT Bumi Aksara.

Sagala, H.Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :

CV Alfabeto


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.