Pembangunan Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Algoritma Pewarnaan Graf

Rusmala Oddang

Sari


Penjadwalan kuliah merupakan suatu pekerjaan rutin dalam sistem akademik di Perguruan Tinggi yang dilakukan setiap menghadapi semester baru. Pada pelaksaanaannya, seringkali jadwal yang telah dikeluarkan belum fix sehingga membutuhkan adanya penjadwalan ulang. Hal ini mengakibatkan perkuliahan di awal semester berjalan tidak efektif karena harus melakukan penyesuaian jadwal dengan keadaan real setelah jadwal dikeluarkan. Selain itu, kesulitan dalam hal pencarian slot yang masih kosong juga menjadi suatu kendala terutama pada saat mencari jadwal kuliah pengganti atau kuliah tambahan. Permasalahan penjadwalan kuliah terkait erat dengan masalah optimasi. Oleh karena itu, pengembangan sistem penjadwalan kuliah dilakukan dengan melalui beberapa iterasi perbaikan. Fungsi tujuannya adalah memenuhi sejumlah constraint penjadwalan, seperti menghindari terjadinya bentrok jadwal. Dalam kajian ilmu di Matematika Diskrit, teori graf memberi solusi untuk permasalahan ini melalui bahasannya tentang pewarnaan graf. Pembangunan sistem penjadwalan kuliah yang menerapkan teori ini diharapkan mampu menjawab permasalahan ini secara jitu sehingga dapat diimplementasikan untuk penjadwalan kuliah.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Munir, Rinaldi. (2005). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika.

Al-Omari, Hussein & Khair Eddin Sabri. (2006). New Graf Coloring Algorithms [Online]. Tersedia: www.scipub.org/fulltext/jms2/jms224739-741.pdf, Diakses tanggal 15 Oktober 2008.

Budiman, Hengky. Penerapan Graph Colouring untuk Merencanakan Jadwal [Online]

ttp://www.informatika.org/~rinaldi/Matdis/2007/2008/Makalah/MakalahIF2153-0708-025.pdf Diakses tanggal 14 September 2008.

Setiadi, Robert. (2001). Pemecahan Masalah Penjadwalan Kuliah dengan Menggunakan Teknik Intelligent Search [Online]. Tersedia: http://www.robertsetiadi.net/articles/snkk.htm [12 Oktober 2008].

Pressman, Roger S., SoftwareEngineering (A Practicional’s Approach), Mc.Graw Hill, 1997


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.