Sistem Penunjang Keputusan Perekrutan Tenaga Kerja dengan Metode Topsis pada Alfamidi Kota Palopo

Islamiyah Islamiyah

Sari


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah membangun suatu sistem pendukung keputusan sehingga mempermudah proses perekrutan tenaga kerja yang berkualitas pada Alfamidi Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode TOPSIS merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria. Konsep dasar dari metode ini adalah penentuan jarak euclidean terpendek dari solusi ideal positif dan jarak euclidean terjauh dari solusi ideal negatif. Alternatif akan dirangking berdasarkan besarnya nilai kedekatan relatif suatu alternatif terhadap solusi ideal positif. Hasil perangkingan dijadikan sebagai referensi bagi pengambil keputusan untuk memilih solusi terbaik yang diinginkan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang diharapkan dapat membantu memudahkan pihak Alfamidi Kota Palopo dalam melakukan perekrutan tenaga kerja sehingga tenaga kerja yang diterima memiliki kualitas

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Salehi, M. dan Moghaddam, R. T. 2008. Project Selection by Using a Fuzzy TOPSIS Technique, International.

Santoso, H. 2003. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Staff Akademik (Studi Kasus pada STMIK Bumigora Mataram), Tesis Magister Ilmu Komputer Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Siagian P. S. 2007. Teori Motipasi dan Aplikasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Stoa. 2008. Unified Modelling Language. Raja Grafindo. Jakarta.

Stoner, AF. 1996. Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Sukerti, N. K. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Desa Penerima Bantuan Program Community Based Development (CBD) Bali Sejahtera Menggunakan Metode TOPSIS , Tesis Magister Ilmu Komputer Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sunyoto, A. 2007. Pemrograman Database dengan Visual Basic dan Microsoft SQL. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Terry, G. 2000. Prinsip-Prinsip Manajemen (edisi bahasa Indonesia). PT. Bumi Aksara. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.