Perancangan Aplikasi E-Learning Pada SMP Negeri 3 Palopo.compressed

Heliawaty Hamrul

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun serta melakukan sebuah aplikasi e-learning yang akan diimplementasikan pada SMP Negeri 3 Palopo. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari 5 tahapan yakni perencanaan, analisis sistem, desain sistem, perancangan sistem dan implementasi sistem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara mengamati proses pembelajaran yang berlangsung di lokasi penelitian. Wawancara dilakukan dengan memberi beberapa pertanyaan kepada guru dan murid mengenai proses belajar-mengajar. Hasil dari wawancara dan observasi dijadikan sebagai landasan dalam merancang sistem. Pemodelan sistem dilakukan dengan menggunakan diagram DFD (Data Flow Diagram). Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode white box. Hasil dari penelitian berupa aplikasi e-learing yang bebas dari kesalahan logika.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Gunadhi, Albert, et al., “Memanfaatkan Ponsel GF768 Untuk Mengontrol Peralatan Listrik Melalui SMS”. Proceeding, Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), Universitas Gunadarma, 2004

.http://www.ilmukomputer.com/umum/faried-database.php. “Pengantar Database”, Dicetak pada 27 Juni 2006.

Jogiyanto, HM., “Analisis dan Disain Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta, 1999.

Jogiyanto, HM., “Sistem Teknologi Informasi, Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar”, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

Leman, “Metodologi Pengembangan Sistem Informasi”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1998.

Lesmana, Lim et al., 2004, "Sistem Akses Database Akademik Kemahasiswaan Via SMS". Proceeding, Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), Universitas Gunadarma, 2004.

M. Syafii, “Panduan Membuat Aplikasi Database dengan PHP 5”, Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Romzi Imron Rozidi, “Membuat Sendiri SMS Gateway (EMSE)”, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Teddy Marcus Zakaria dan Josep Widiadhi, “Aplikasi SMS untuk Berbagai Keperluan”, Bandung: Informatika, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.