Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran STAD Dengan Memanfaatkan Media Sosial Facebook Pada Kompetensi MPP PC Terhubung Jaringan Kelas XI TKJB Periode 2013-2014 SMKN 2 Palopo

Rusmala Dewi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD menggunakan media sosial facebook. Selain sebagai media komunikasi dikalangan siswa dapat juga diimplementasikan pada proses pembelajaran siswa kelas XI program keahlian Komputer Jaringan sebagai media diskusi, dengan harapan pemanfaatan media sosial yang disenangi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar dilihat dari hasil evaluasi yang berikan disetiap akhir siklus . Indikator ketuntasan belajar adalah apabila seorang siswa memperoleh nilai sekurang-kurangnya 7,0 atau 70% untuk mata diklat produktif dan secara klasikal telah diperoleh nilai sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa di kelas tersebut yang telah mencapai Nilai perseorangan sebesar 70%.Hasil dari penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut yaitu untuk penilaian dari tindakan yang dilakukan pada siklus I untuk 24 siswa telah diperoleh rentang nilai kurang dari 70 sebanyak 9 siswa (37,5%) dan rentang nilai lebih dari 70 sebanyak 21siswa ( 62,5 %). Adapun hasil penilaian yang dari tindakan yang dilakukan pada siklus ke 2 dari 24 siswa telah diperoleh rentang nilai kurang dari 70 sebanyak 3 siswa (13,5 %) dan rentang nilai lebih dari 70 sebanyak 21 siswa ( 87,5%). Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus ke 2 diperoleh nilai yang lebih baik dari hasil tindakan kelas pada siklus ke 1.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.