HASIL BELAJAR PRAKTIKUM ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA

Rezeki Amaliah, Muh. Rizaldi Tria Jaya Putra Nurdin, Andi Dewi Riska Ainulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar praktikum pada mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia melalui pembelajaran Kontekstual pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis dan Tagggart. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa kelas A Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia TA 2017/2018, yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 28,13 dan pada siklus II sebesar 62,5. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar praktikum mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia melalui pembelajaran Kontekstual pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia

Full Text:

Untitled

References


Firdaus dan Rizaldi. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Saraf Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup investigasi dan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas IX IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Bionature. Vol : 12(2): 123-130.

Handayani, Dwi Akti. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran Kontextual (Contextual Teaching And Learning) Siswa Kelas VII E di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Harisandy, Ruly. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pengendalian Daya Tegangan Rendah SMK 1 Sedayu melalui Model Kooperatif Tipe GI. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rustaman, Nuryani Y. 2000. Agustus. Konstruktivisme dan Pembelajaran IPA/Biologi. Makalah disampaikan pada Seminar/Lokakarya Guru-guru IPA SLTP Sekolah Swasta di Bandung.

Setiawan, Romas Ade. 2014. Upaya Guru dalam Meningkatkan

Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi. Univerrsitas

Muhammadiyah Surakarti Widarti, Haryuni Retno. 2009. Peningkatan Keterampilan Psikomotorik dan Hasil Belajar Praktikum Analisis Instrumentasi Dengan Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia. ISBN: 979-498-467-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 39 times
Untitled - 22 times