Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar Menggunakan Pathway Analysis

Iin Dwi Aristy Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaji, fasilitas dan penghargaan terhadap kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik yang bersifat asosiatif kausal yaitu penelitian untuk melihat pengaruh kausal (sebab akibat) antar variabel dengan pengukuran yang dilakukan melalui pemberian kuesioner dan wawancara dengan menggunakan analisis jalur dua arah. Penelitian ini dilakukan di RSUD Labuang Baji Makassar. Objek penelitian ini adalah perawat berstatus PNS di ruang rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar yang berjumlah 105 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus. Variabel yang digunakan dalm penelitian ini adalah kinerja perawat, gaji, fasilitas dan penghargaan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa gaji dan fasilitas signifikan berpengaruh secara positif terhadap kinerja perawat sedangkan penghargaan berpengaruh secara negatif terhadap kinerja perawat dengan nilai estimasi parameter masing-masing 0,148; 0,250; -0,656.

Full Text:

Untitled

References


Burdahyat. 2009. Hubungan budaya organisasi dengan kinerja perawat pelaksana di RSUD Sumedang Tahun 2009. Tesis

tidak dipublikasikan. Depok: FIK UI

Depkes. 2006. Pedoman pengembangan jenjang karir profesional perawat. Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan dan Bina

Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI.

Indrayanti, Monic Aprilia. 2014. Analisis Pengaruh Rotasi Pekerjaan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Semarang.

Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi di Publikasikan.

Potter, P.A & Perry, A.G. 2005. Foundamental of Nursing, Concepts, Process, and Practice. Haecourt Australia: Mosby.

Hculer, R & Huber V. 1993. Personal and Human Resources Management Fifth Edition, USA West Publishing Company.

Sugiyono, 2014, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

(Bandung: ALFABETA)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 28 times
Untitled - 12 times