UJI TOTAL ASAM DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT KATUK (Sauropus androgyneus)

Suhaeni Suhaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar total asam dan mutu organoleptik yang meliputi warna, aroma, tekstur, rasa, dan daya terima pada pembuatan yoghurt katuk (Sauropus androgyneus). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Desain penelitian yang digunakan yaitu ekstrak daun katuk 3 ml (P1), ekstrak daun katuk 6 ml (P2), dan ekstrak daun katuk 9 ml (P3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus) berpengaruh nyata terhadap kualitas yoghurt. Perlakuan penambahan ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus) terbaik pada kadar asam yaitu P3 = 1,215% berpengaruh signifikan terhadap kualitas yoghurt. Pada uji organoleptik variabel yang lebih disukai panelis yaitu pada variabel kekentalan yaitu P2 (6 ml ekstrak daun katuk) sedangkan aroma, rasa, dan warna yang lebih disukai oleh panelis yaitu P0 (tanpa ekstrak daun katuk).

Full Text:

Untitled

References


Ambri, Khairul. Dkk. 2009. Studi Pertumbuhan Bakteri Asam

Laktat (BAL) dari Dadih dalam Es Krim sebagai Pangan Probiotik. Malang. Jurnal Teknologi Pertanian. Vol 10 No. 1. Hal. 1-9.

Bahar, Burhan. 2008. Kefir Minuman Susu Fermentasi dengan

Segudang Khasiat untuk Kesehatan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Damanik, D.P.D. 2014. Pra Rancangan Pabrik Pembuatan Glukosa dari Sabut Kelapa Sawit dengan Kapasitas 20.000 Ton/Tahun. Fakultas

Teknik Universitas Sumatra Utara Medan.

Hasruddin dan Pratiwi, N. 2015. Mikrobiologi Industri. Alfabeta.

Bandung.

Nurhidayat, dkk. 2006. Mikrobiologi Industri. Andi Publisher. Yogyakarta.

Sinurat, E. dan Murniyati. 2014. Pengaruh Waktu dan Suhu Pengeringan terhadap Kualitas Permen Jeli. JBP Perikanan. 2(9): 133-142.

Triyono, Agus. 2010. Mempelajari Pengaruh Maltodekstrim dan Susu Skim terhadap Karakteristik Yoghurt Kacang Hijau (Phaseolus radiatus. L). Naskah Publikasi. Surakarta.

Wahyu Widyasari Utami. 2016. Yoghurt Daun Katuk sebagai Salah Satu Alternatif Pangan Berbasis Laktogenik. Universitas Diponegoro.

Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 34 times
Untitled - 26 times