PENGARUH EKSTRAK BUAH DENGEN (Dillenia serrata) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH MENCIT (Mus musculus)

Eliysia Eliysia, Pauline Destinugrainy Kasi, Ridha Yulyani Wardhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah dengen (Dillenia serrata) terhadap penurunan kadar kolesterol darah mencit (Mus musculus) dan konsentrasi buah dengen yang efektif menurunkan kolesterol mencit. Ekstraksi dilakukan dengan metode meserasi. Ekstrak yang diperoleh diuji pada 9 mencit, hewan uji dikelompokan secara acak dalam 4 kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang diberi obat simvastatin 0,5 ml serta kelompok perlakuan yang diberi ekstrak buah dengen dengan vareasi masing-masing dosis 20 ml dan 30 ml. data diperoleh dari pemberian kadar minyak jelantah selama 7 hari. setelah pemberian ekstrak etanol buah dengen dan simvastatin. Data dianalisis secara statistika dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Dunchen untuk melihat beda nyata antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak buah dengen dengan konsentrasi 20 ml dapat menurunkan kadar kolesterol darah mencit 16.67 mg/dl, sedangkan pada konsentrasi 30 ml dapat menurunkan kadar kolesterol darah mencit 63.33 mg/dl.

Kata kunci: ekstrak Buah Dengen, Kolesterol, Mencit

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hasniarti. 2012. Studi Pembuatan Permen Buah Dengen (Dillenia serrata Thunb). Hal. 1-6 UNHAS.

Jhon, D & Brunzell, M.D. Hypertrigly-ceridemia. The New Englad journal of medicine [serial online] 2007; 357.p.1009-17. Available from: URL: http://www.nejm.org/doi/ful10.1056/NEJMcp070061. Diakses 02 Desember 2015.

Katzung, B. G. 2002. Famakologi Dasar dan Klinik. Selemba Medika: Jakarta.

Katzung, B. G., Masters, S. B., dan Trevor, A. J. 2013. Farmakologi Dasar dan Klinik Volume 2 Edisi 12. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Lajuck. P. 2012. Ekstrak Daun Salam (Eugenia poliantha) Lebih Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol Total dan LDL Dibandingkan statin Pada Penderita Dislipidemia. (Tesis). Universitas Udayana. Yogyakarta.

Muchtadi D, Sri Palupi, dan Astawan N. 1993. Metabolisme Zat Gizi Sumber, Fungsi, dan Bagi Tubuh Manusia Jilid II. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Muslim A,1989. Lemak, Metabolisme dan Penyakit Jantung Koroner. Universitas Andalas. Padang.

Retnaninggalih, A.P. Efendi, E. dan Hairrudin. 2015. Pengaruh Pemberian Jus Buah Kersen (Muntingia calabura) Terhadap Kolesterol Total Pada Tikus Sprague Dawley Dislipidemia. (Skripsi). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sumardika, I. W., dan Jawi, I. M. 2012. Ekstrak Daun Ubi Jalar Ungu Memperbaiki Profil Lipid dan Meningkatkan Kadar SOD Darah Tikus Yang Diberi Makanan Tinggi Kolesterol. Medicina Vol 43 (2):67-70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.