Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Problem Based Learning pada Siswa SMPN 4 Palopo

Fitriani A

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan perlakuan khusus yaitu pembelajaran dengan menerapkan problem based learning sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan yang biasa dilakukan yaitu pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo, sedangkan sampelnya sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak yakni kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan problem based learning, sehingga diharapkan dapat mendapatkan pengetahuan matematika siswa melalui pembelajaran dengan menerapkan problem based learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas yang diajar dengan menerapkan Problem Based Learning berada dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 72,29 dari skor ideal 100, dengan simpangan baku 20,51, sedangkan yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional berada dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 61,41 dari skor ideal 100, dengan simpangan baku 13,75

References


Agung, 1992. Metode Penelitian Sosial (Pengertian dan Pemakaian Praktis). Bagian I. Jakarta: Gramedia.

Arends, R.I. 2000. Learning to Teach. (Fifth Edition). New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Balitbang Depdiknas. 2004. Rendahnya Kemampuan Matematika Siswa. Republika.

Begle,E. G. 1979. Critical Variables in Mathematics Education (Finding from a Survey of the Emprical Literature). U.S.A. Matthematical Association of Amerika.

Foster, A.G. 1993. Cooperative Learning in the Mathematics Classroom. Glencoe/ McGraw Hill.

Hudoyo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. IKIP Malang.

Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.

Marpaung, Y. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di USD Yogyakarta, Yogyakarta, 27-28 Maret 2003.

Muslich, Masnur. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, M.1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: IKIP Surabaya.

Nur, M. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 506 Tahun 2004, Jakarta: Depdiknas.

Plomp, T. 1997. Educational and Training System Design. Enschede, the Netherlands: Univercity of Twente.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

------------------ 2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah, yang disampaikan pada Seminar Nasional RME di UNESA Surabaya, 24 Februari 2001.

Slavin, R.E., 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. (Fourth Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Slavin, R.E., 1995. 2000. Educational Psychology. (Sixth Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suryanto, 1998. Problem Possing dalam Pembelajaran Matematika. Makalah dalam Seminar Nasional. PPS IKIP Malang.

Sutiarso, Sugeng. 2000. “Problem Possing: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Journal. Volume 6 No 5. 2000. Hal. 631.

Suwarsono, 2002. Teori-Teori Perkembangan Kognitif dalam Proses Pembelajaran yang Releven untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Thomson, M, et al. (1995) Physical Science: Teacher Wrapround Edition. New York: Giencoe Mc Graw-Hill.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Upu, Hamzah, 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Tiro, Arif, 2000. Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: Makassar State University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.