Identifikasi Senyawa Bahan Aktif Alkaloid pada Tanaman Lahuna (Eupatorium odoratum)

Nururrahmah Hammado, Ilmiati Illing

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Balai Besar Kesehatan Makassar pada bulan Februari hingga April 2013 yang bertujuan untuk mengekstraksi, mengisolasi, dan mengidentifikasi senyawa bahan aktif alkaloid daun, batang, dan akar tanaman lahuna (Eupatorium Odoratum). Penelitian ini dilaksanakan mulai persiapan sampel, ekstraksi, identifikasi dengan pereaksi warna Mayer, Wagner, dan Dragendroff, kemudian diidentifikasi dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan dilanjutkan dengan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 200 – 800 nm. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daun, batang, dan akar tanaman lahuna mengandung senyawa bioaktif alkaloid dengan memberikan endapan pada pereaksi Mayer, Wagner, dan Dragendroff. Selain itu, isolat yang diperoleh dari KLT positif mengandung senyawa alkaloid setelah diidentifikasi dengan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang maksimum 203 – 226 nm.

References


Anderson, R. J., Bendell, D. J., and Groundwater, P. W. 2004. Organic Spectroscopic Analysis. Royal Society of Chemistry, Cambridge.

Gandjar, Ibnu G., Rohman, Abdul. 2010. Kimia Farmasi Analisis. Edisi kelima. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Hakim, Nurhajati, dan Agustian. 2010. Pemanfaatan Gulma Kirinyuh sebagai Sumber Nitrogen dan Kalium untuk Tanaman Cabai di Kecamatan Rambatan. Laporan Penelitian. LPM Universitas Andalas. Sumatera

Harborne, J.B. 1996. Metode Fitokimia, Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan. Penerbit ITB. Bandung

Hart, Harold. 1983. Kimia Organik, Suatu Kuliah Singkat. Edisi Keenam. Terjemahan Suminar Achmadi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kenkel, John. 2003. Analytical Chemistry for Technicians. 3rd Edition. CRC Press LLC, Florida.

Khopkar S.M. 2003. Konsep Dasar Kimia Analitik. UI Press. Jakarta.

Lenny, Sovia., Tonel Barus dan Evi Yona Sitipu. 2010. Isolasi Senyawa Alkaloid dari Daun Sidaguri (Sida rhombifolia). Skripsi. FMIPA.unmul.ac.id/pdf/Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara. Diakses Februari 201

Ramadhan, Ahmad Eka dan Phaza, Haries Aprival. 2010. Pengaruh Konsentrasi Etanol, Suhu dan Jumlah Stage pada Ekstraksi Oleoresin Jahe (Zingiber officinale Rosc) Secara Batch. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro.

Sa'adah, L. 2010. Isolasi dan Identifikasi Senyawa Tanin dari Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.

Setnita, 2010. Makalah Alkaloid. (Online). Setnita.blogspot.com. Diakses Februari 2013.

Sitorus, Marham. 2009. Spektroskopi Eludasi Struktur Molekul Organik. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Steenis, C.G.J.Van. 1997. Flora. Cetakan ketujuh. PT. Pradnya Paramitha. Jakarta

Winirifmawaty, 2011. Ekstraksi dan Isolasi Senyawa Alkaloid pada Daun Beluntas (Pluchea indica). Skripsi. Program Studi Kimia. Universitas Cokroaminoto Palopo. Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.