Analisis DNA pada Tanaman Gandum (Triticumaestivum l.)

Rahman Hairuddin

Abstract


Tanaman gandum merupakan salah satu komoditi serealia yang sangat perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengekstraksi DNA tanaman gandum. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Molekuler Balitsereal Maros. Benih yang disemaikan sebagai sampel ekstraksi dilakukan di Green House Balistereal Maros. Penelitian ini menggunakan metode ekstraksi dan isolasi DNA, uji kualitas dan kuantitas DNA dan Pemurnian DNA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh kualitas yang cukup baik karena memiliki konsentrasi berkisar antara 10-250 ng. Kemudian dari hasil pengenceran pertama diperoleh konsentrasi DNA berkisar 10-100 ng. Adapun pada pengenceran kedua, hasil yang diperoleh yaitu DNA yang memiliki konsentrasi yang diinginkan yaitu konsentrasi 10 ng, namun masih ada 1 sampel DNA yang memiliki konsentrasi di atas 10 ng, yaitu pada sampel DNA dengan nomor 9 yang masih perlu untuk diencerkan karena memiliki kisaran konsentrasi 50 ng.

References


Arumingtyas, EL. 2011. Isolasi DNA dan RAPD. Disampaikan pada Pelatihan Analisis DNA Finger printing Tanaman dengan Metode RAPD Tanggal 4-6 Juli 2011. Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya. Malang. p.1-12.

Cannel, R., Q., and M., B., Jackson, 1981, Aleviating aeration stress.In G.F. Arkin and H. M. Taylor.Modifying the Root Environment to Reduce Crop Stress.ASAE Monograh No. 4 ASAE, St. Joseph.

Corkill, G., Rapley, R. 2008. The Manipulation of Nucleic Acids: Basic Tools and Techniques. In: Molecular Biomethods Handbook Second Edition. Ed: Walker, J.M., Rapley, R. Humana Press, NJ, USA.

Fauziah, L.2010. Isolasi DNA. Available on http://miss-purplepharmacy. blogspot. com/2010/01/isolasi-dna.html. Diakses tanggal 15 Februari 2012.

Fabriani G. Dan Lintas C. 1988. Durum Wheat: Chemistry and Technology. Minnesota: American Association of Cereal Chemists, Inc.

George M.L.C. dan E.S. Regalado. 2004, Buku Panduan Laboratorium: Lokakarya Teknik Dasar Molekuler untuk Pemuliaan Tanaman. Balai Penelitian dan Pengembangan Penelitian. Bogor.

Harisha, S. 2007. Biotechnology procedures and experiments handbook (An introduction to biotechnology).Infinity Science Press LLC. Hingham, MA. Canada.

Karp, A., S. Kresovich, K.V. Bhat, W.G. Ayad, and T. Hodgkin. 1997. Molecular Tool in Plant Genetic Resources Conservation: A guide to the technologies. IPGRI Technical Bulletin no. 2

Nasir, A. A. 1987. Beberapa Aspek Agroklimatologi dalam Pengembangan Tanaman Gandum (Triticum spp.) di Indonesia, Tesis, Program Pasca Sarjana, Institusi Pertanian Bogor, Bogor.

Nicholl, D.S.T. 1993. An Introduction to Genetic Engineering.Department of Biological Science, University of Praisly.

Stoskoff, C. N. 1985. Cereal Grain Crops, Restop Publishing Company, Inc, Virginia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.