Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMK Negeri Se-Kota Palopo Berdasarkan Pengalaman Mengajar

muhammad Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo berdasarkan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana peneliti berusaha untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika berdasarkan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling yakni guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo. Teknik pengumpulan data, yakni observasi langsung (dokumentasi), wawancara, dan angket penelitian. Berdasarkan hasil pengamatan, nilai rata–rata kompetensi pedagogik guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo yaitu 87,50 dengan standar deviasi 5,06496. Kecenderungan pengalaman mengajar guru berada di bawah 8 tahun yaitu sebesar 57% sebagai guru pemula, dengan skor rata-rata yang dicapai adalah 164,43, dengan standar deviasi 73,08. Guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo dengan kategori sebagai guru pemula rata-rata memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong cukup dan guru matematika SMK Negeri se-Kota Palopo dengan kategori sebagai guru ahli rata-rata memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong tinggi

References


An, S., Kulm, G., Wu, Z. 2004. The Pedagogical Content Knowledge of Middle School, Mathematics Teacher in China and the USA. Journal of Mathematics Teachers Education 7: 145-172

Ball, D. L., Thames, M. H., Phelps, G. 2008. Content Knowledge for Teaching: What makes it special? Journal of Teacher Education 59(5), 389-407

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pengajatan: Mata Pelajaran Matematika SMA/SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan-Depdiknas.

Guzel, E. B. 2010. An investigation of Pre-service Mthematics Teachers’ Pedagogical Content Knowledge, Using Solid Object. Journal Scientific Research and Essays. 5(14), 1872-1880

Iszac, A. 2006. Aspects of Mathematical Knowledge for Teaching Franction Multiplication. In alatorre, S., Cortina, J.L., Saiz, M., and Mendez, A. (Eds.) Proceeding of the 28th of The North American Chapter of the International Group for the Psychology of the Mathematic Education. Merida, Mexico: Universadad Pedagogica Nacional.

John B. Biggs dan Ross Telfer. 1987. The Process of Learning 2nd. Sidney: Prentice-Hall of Australia.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Petrou, M., Goulding, M. 2011. Conceptualising Teachers’ Mathematical Knowledge in Teaching. Dalam T. Rowland & K. Ruthven (Eds). Mathematical Knowledge in Teaching. New York: Springer.

Samad. 2004. Profesi Keguruan. Makassar: FIP-UNM.

Shulman, L. S. 1987. Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review.

Uno, Hamzah B. 2009. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman. 2002. Guru Indonesia. Jakarta : Sinar Grafika.

Zarei, A. A., Sharifabad, N. A. 2012. Exprerienced and Novice Iranian Teachers’ Perceptions as to the Effect of Inrinsic Factors on Teacher Efficasy. Basic Research Journal of Education Research and Review. 1(1) hal. 4-14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.