EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN MAHASISWA FISIKA SEMESTER V UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Solving pada mata kuliah Fisika Modern mahasiswa Fisika semester V Universitas Cokroaminoto Palopo.Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fisika semester V Universitas Cokroaminoto Palopo. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas instrument tes (butir) dan reliabilitas menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Kuder dan Richardson dengan Kr20. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh nilai sebelum treatmen skor maksimal sebesar 75 dari skor ideal sebesar 100 sebanyak 11,11%. Setelah dilakukan treatment diperoleh skor maksimal sama dengan skor ideal yaitu 100. Sebanyak 22,22% memperoleh nilai dengan kategori ”Sangat Efektif”, 27,8% berada pada kategori ”Efektif” dan selebihnya pada kategori ”Cukup Efektif” dan ”Kurang Efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Problem Silving lebih efektif digunakan pada mata kuliah Fisika Modern mahasiswa Fisika dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Efektivitas, Problem Solving, Fisika Modern

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, dkk. 1983. Pengembangan Alat Evaluasi. Bahan Kuliah Evaluasi

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Kuliah Fisika Modern

Mahasiswa Fisika Semester V Universitas Cokroaminoto Palopo

Pendidikan, Tidak Diterbitkan. Makassar: IKIP Ujung Pandang.

Fitriani. 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Higher Order of Thinking Skills untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soal Fisika (Thesis). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nugraha. 1985. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra (Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE.

Pribadi, B.A. 2009.Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, nana. 1998. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Cetakan IV.

Uno, H.Hamzah B. 2008. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara Yulvinamaesari, dkk. 2015. Efektivitas Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Multiple Intelligence Pada Mahasiswa Fisika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Dinamika, September 2013, halaman 41- 46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.