EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MAHASISWA FISIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Yulvinamaesari Yulvinamaesari, Eka Pratiwi Tenriawaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan multiple intelligence pada mahasiswa fisika universitas cokroaminoto palopo antara sebelum dan sesudah menggunakan model brain based learning. (b) Penggunaan model Brain based learning dalam kemampuanmultiple intelligence pada mahasiswa fisika universitas cokroaminoto palopo lebih efektif dibandingkan sebelum menggunakan model Brain based learning.Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fisika Universitas Cokroaminoto Palopo. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitasmenggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t.Dari hasil posttest diperoleh nilai t-hitung sebesar -2,133 dengan db = 38,dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 38 diperoleh -1,68. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitunglebih besar daripada nilai t-tabel(-2,133 > -1,68) artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan multiple intelligencemahasiswa fisika Universitas Cokroaminoto Palopo antara sebelum dan sesudahmenggunakan metode brain based learning.Dari hasil penghitungan diperoleh peningkatan skor pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,16. Hal tersebut terlihat bahwa skor posttestkelas eksperimen lebih besar dari pada skor pretest kelas eksperimen. Dilihat dari perbedaan mean pretest dan posttest kelompok eksperimen, meankelompok posttest kelas eksperimen lebih besar dari meanpretest kelompok kontrol yaitu 8,11 > 7,95. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode brain based learning terhadap kemampuan multiple intelligencepada mahasiswa fisika Universitas Cokroaminoto lebih efektif daripada Kemampuan multiple intelligence setelah menggunaan metode brain based learning.
Kata Kunci: Model Brain-Based Learning, Multiple intelligence, Fisika.

Full Text:

Untitled

References


Ahmad, Satria. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Halim Jaya

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Meylina. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple intelligence (MI) Untuk Pencapaian Kompetensi Dalam Pembelajaran. Online (http://meilinajasmine.blogspot.com/2011/12/aplikasi-teknologi-pendidikan-dalam.html). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Nugraha. 1985. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra

(Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE.

─────────────, Gunawan dan Marzuki. 2004. Statistik Terapan Untuk

Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nurhandayani, Dini. 2011. Penerapan Brain based learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Koneksi Matematis siswa. (Online). (http://http://dinidinidini.wordpress.com/2011/01/04/140/). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Orinaru. 2012. Penerapan Pendekatan Brain based learning (BBL) dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Online). (http://orinaru.wordpress.com/2012/09/20/penerapan-pendekatan-brain-based-learning-bbl-dalam-pembelajaran-matematika-di sekolah-dasar/, Diakses tanggal 28 Januari 2014 pukul 15.30).

Sapa’at, A. 2007. Brain based learning. (Online), (http://matematika.upi.edu/ index. php/ brain-based-learning), Diakses Tanggal 10 April 2014. Veynisha. 2011. Model Pembelajaran Brain based learning (BBL). Online. (http://veynisaicha.blogspot.com/2011/07/model-pembelajaran-brain-based-learning.html). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Efektivitas Model Brain Based Learning terhadap Kemampuan Multiple Intelligence pada

Mahasiswa Fisika Universitas Cokroaminoto Palopo

Sugiharti. 2005. Penerapan Teori Multiple intelligence dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan No. 05/TH IV/Des 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.